Sunday, February 1, 2009

Denarhanud Rudal 003

Markas Komando Denarhanud Rudal 003/1/F/Dam Jaya di Cikupa, Tangerang, Banten (Photo: pussenarhanud.mil.id)

Denarhanud (Detasemen Artileri Pertahanan Udara) Rudal 003 merupakan bagian dari satuan Arhanud yang berada dibawah Resimen Arhanud-1/Faletehan Kodam Jaya, dimana membawahi juga Yonarhanudse-6 dan Yonarhanudse-10.

Resimen Arhanud-1/F/Dam Jaya merupakan satu-satunya Resimen Artileri Pertahanan Udara di Indonesia. Selain Denarhanud Rudal 003/1/Dam Jaya, TNI AD masih mempunyai Denarhanud Rudal 001/Kodam Iskandar Muda, Denarhanud Rudal 002/Kodam VI Tanjung Pura dan Denarhanud Rudal 004/Kodam I Bukit Barisan.

Denarhanud Rudal 003/Dam Jaya dibentuk berdasarkan Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/607/IV/1988 tanggal 21 April 1988 tentang pembentukan Organisasi Denarhanud Rudal 003 Dam Jaya. Setahun kemudian dikeluarkan Surat perintah Kasad Nomor Sprin/444/II/1989 tanggal 1 Maret 1989 tentang persiapan untuk peresmian berdirinya Denarhanud Rudal 003/Jaya Organik Menarhanud 1 Dam Jaya.

Untuk memenuhi TOP (Tabel Organisasi dan Personel), sejumlah personel direkrut dari sejumlah kesatuan diantaranya; Pusdikarhanud Karang Ploso – Malang, Batalyon Arhanudse 10/1/ Dam Jaya, serta Batalyon Arhanudse 6/1/ Dam Jaya. Pada tanggal 2 Maret 1989, Kasad Jenderal TNI Edy Sudrajat meresmikan berdirinya Denarhanud Rudal 003/Dam Jaya.

Struktur Organisasi
Denarhanud Rudal 003/Dam Jaya saat ini dibawah komandan Mayor Blasius Popylus (Dandenarhanud) dibantu wakil komandan Kapten Pandji Permana (Wadandenarhanud) membawahi Maden, Siops, Simin, Ton Rudal dan Tim Har.


Tunggul dan Lambang Satuan
Tunggul Satuan “AKASA RAKCA KSATRYA “, dimana Akasa berarti Angkasa, Rakca berarti Penjaga dan KSATRYA berarti Prajurit. Arti secara utuh adalah Prajurit Penjaga Angkasa.

Lambang satuan berupa Burung Elang mengigit dua anak panah dan mencengkram busur, dihiasi bintang bersudut lima dengan delapan puluh sembilan lilitan tambang serta dilatarbelakangi tiga buah rudal.

Burung Elang dengan Sayap dalam melambangkan prajurit Denarhanud berjumlah 7 helai dan sayap luar Rudal 003 yang cerdas,kuat dan berjumlah 8 helai wibawa dengan berpijak pada Sapta Marga dan 8 TNI Wajib.

Dua anak panah melambangkan tanggal kelahiran satuan, tiga buah rudal melambangkan bulan lahir satuan, sedangkan bintang bersudut lima dengan delapan puluh sembilan lilitan tambang memiliki arti Satuan TNI Angkatan Darat yang beridiologi Pancasila dilahirkan di Tahun 1989.

Makna lambang secara keseluruhan Detasemen Arhanud Rudal 003/1/Dam Jaya lahir pada tanggal 2 Maret 1989 adalah Satuan dalam naungan TNI Angkatan Darat yang beridiologikan Pancasila, serta berpedoman pada sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 TNI Wajib adalah Kesatria- Kesatria penjaga Angkasa terhadap segala ancaman yang datang dari dalam dan luar negeri yang akan merongrong Kesatuan Bangsa Indonesia.

Tugas Pokok

Istana Merdeka (Photo: pbase.com)

Denarhanud Rudal 003/1/Dam Jaya memiliki tugas pokok menyelenggarakan pertahanan udara aktif untuk melindungi obyek vital nasional yang ada di wilayah Kodam Jaya, yaitu: Istana Negara, Jakarta; Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang; dan Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang. Dengan cara penghancuran atau mengurangi serangan udara musuh, berupa pesawat terbang, peluru balistik ataupun peluru kendali (rudal).

Bagian pertama dari dua bagian
Sumber: majalah Defender Tahun 3 Edisi 35 September 2008, bumar.com, radwar.com.pl, pussenarhanud.mil.id

No comments:

Post a Comment